CNN News

Persahabatan Bagiku


Lihat Kartu Ucapan Lainnya (KapanLagi.com)

Minggu, 25 Januari 2009

TIPS SUKSES KULIAH


NI CARA GUE BUAT LO BYAR SUKSES KULIAH

  1. -jangan pernah bolos ataupun sakit, pokoknya kehadiran 100%. Ada dosen yang memberi nilai bonus atas kehadiran sebesar 10%.
  2. -Duduk di baris depan biar dosen kenal elu. kalo bisa jangan duduk di deket orang yang suka ngajak ngobrol, rese, atau menyebabkan elu hilang konsen.
  3. -eye contact, man. tatap mata dosen seolah elu sangat menyukai kuliah dia, tapi jangan natap yang nelanjangin. eye contact, tapi pake jeda juga.
  4. -interaktif di kelas. buat dosen mengenal elu.jangan malu bertanya. walaupun dosen sudah jelas, lu bisa bikin pertanyaan untuk mencari perhatian dosen. kalo perlu lu jadi orang yang terkenal suka nanya. ngga usah khawatir dicap jelek anak-anak. cuekin aja.
  5. -ketika kelas selesai, dekati dosen (agak-agak menjilat sih). lu bisa menanyakan hal yang belum jelas di kelas. gunakan kalimat yang intelek dan akademik, jangan bermanja-manja dengan dosen.
  6. -kalo lu kuliah di bidang non-eksakta, lu harus cerdik-cerdik bikin rangkuman kuliah biar
  7. mempermudah hapalan.
  8. -ketika di kelas, catet penjelasan dari dosen, ngga usah rapih-rapih, yang penting cepet, padet, dan kebaca ama lu sendiri. Kalo dosen terlalu cepet, lu bisa bawa recorder. kan banyak mp3 player yang udah bisa merekam suara. pas di rumah, hari itu juga lu rapihkan catatanlu di buku lain. atao kalo lu punya laptop ato komputer, lu ketik. Penjelasan dosen yang masih kurang,lu lengkapi dari buku acuan. masukin ke catatan final elu (bukan catatan yang berantakan). Trus lu baca, deh, lu pelajari. Dengan begitu, otomatis materi yang masuk keulang sampe 3 kali: ketika mencatat dan mendengar kuliah di kelas, merapihkan catatan di rumah, dan membaca hasil rapinya.
  9. -jangan belajar dekat dekat dengan waktu ujian. kalo perlu, hindari bacaan komik dan majalah yang ga penting. jadikan catatan kuliah sebagai bacaanlu sehari hari. pelajaran harus dicicil dan dibaca berulang-ulang.
  10. -ketika dekat ujian dan lu udah belajar, buat lagi rangkuman dari catetan rapilu, buat kata kata yang singkat, otomatis materi akan masuk lagi ketika lu buat rangkuman. rangkuman itu bisa lu jadikan pegangan untuk belajar di hari-hari dekat ujian, ngga usah pake catetan lengkap lagi, karena lu udah belajar. kalo ada yang lupa, lu boleh liat lagi.
  11. -waktu membaca dan belajar yang baik adalah pagi hari, sesudah bangun dan mandi. waktu yang baik buat merapikan catetan adalah malam hari.
  12. -kenali tipe dosen. ada dosen-dosen yang simple, essay ujian maunya singkat dan to the point. ada yang pengennya panjang lebar disertai cntoh-contoh. kalo lu salah mengenal dosen, essaylu mungkin akan dapet nilai kecil. ngga ada salahnya tanya-tanya seniorlu. kalo ngga deket ama senior, lu bolehlah nanya dosen. "Pak, kalo ujian, bapak lebih suka jawaban yang panjang dan menyeluruh, ato singkat dan to the point?"
  13. -perbanyaklah olahraga. olahraga memperbagus mood untuk beraktivitas, untuk belajar.
  14. -Kadang-kadang makan coklat juga bisa membantu mood. coklat bisa membuat kita hepi dan mood bagus.tapi jangan kesringan, bisa gendut.
  15. -lengkapi juga catetanlu dengan catetan temen, kali-kali aja ada yang kelewat.
  16. -ketika kerja kelompok untuk presentasi, buat presentasilu lain-daripada yang lain. jangan standar kaya kelompok lain. misalnya lu bisa pake slideshow, visual aids gambar-gambar, ato bahkan bisa pake film yang cocok dengan tema kuliah. jangan takut, kerepotan itu pasti terbayar. dosen ngga akan ngasih nilai standar kalo kelompoklu kelihatan susah payah, beda dengan kelompok lain, dan presentasi menarik.
  17. -jadilah ketua kelompok. ini memaksa elu untuk bertanggung jawab. dengan jadi ketua kelompok, lu akan menghilangkan niatlu untuk males2an karena ngga enak ama temen kelompok. buat kerja kelompok jauh hari sebelum hari-h presentasi. jangan diundur-undur.
  18. -yang terakhir, berdoalah kepada tuhan supaya lu dipermudah, ok.

good luck.
  • 1 tahun lalu

1 komentar:

Anonim mengatakan...

padai atau pintar itu relatif.
sukses juga relatif.
namun proses untuk mewujudkan kesusksesan itu yg menjadikan manusia itu berarti...
nice blog ^^

 
Free Baby Roll ani MySpace Cursors at www.totallyfreecursors.com